Tips Praktis Mengurangi Rasa Stress dengan Relaksasi

Artikel kali ini merupakan serial lanjutan dari pembahasan tentang self-development yang membahas 4 cara mengatasi gugup saat presentasi, supaya lebih nyambung monggo untuk di kunjungi terlebih dahulu ya teman-teman.

Overview - Mengenai stress dan efeknya ketika presentasi

cara menghilangkan stress dengan relaksasi


Seperti yang telah diketahui, bahwa rasa stress dan tegang biasanya muncul pada saat kita akan berbicara dengan banyak orang. Hal itu wajar seiring dengan meningkatnya hormon adrenalin yang memacu degup jantung kita lebih cepat sehingga napas kita menjadi lebih pendek daripada biasanya.

Namun, masih banyak orang yang mengabaikan rasa stress tersebut, mereka memilih untuk tidak mengatasinya karena mungkin memang belum tahu ilmunya mengenai hal itu. Pada akhirnya pasti bisa kalian tebak, orang itu akan tetap terkungkung dalam perasaan tegang bahkan pada saat presentasi dimulai.

Kamu bisa bayangkan orang itu akan gemetar sepanjang jalannya audiensi, bicaranya menjadi kurang terstruktur dan menjadi terbata-bata, matanya menjadi tidak fokus, dan yang paling parah oarng itu akan lupa segala materi yang telah disiapkan matang-matang sebelumnya.

Pasti kamu ngga pengen di kondisi demikian kan teman-teman?

Nah, langkah kamu untuk berkunjung di blog ini rasanya sangatlah tepat jika kamu ingin mengetahui beberapa tips relaksasi yang berguna untuk mengatasi tegang dan stressmu.

Baiklah, disini saya akan memberikan beberapa tips relaksasi dari yang sederhana hingga yang kompleks untuk menghilangkan rasa stress menjelang presentasi atau berbicara di depan orang banyak. Berikut beberapa tips pilihan untuk itu:

Cara menghilangkan rasa tegang dengan relaksasi

Tips #1 - Bayangkan sesuatu dengan santai

Tanpa kita sadari, stres sering muncul karena bayangan buruk kita akan sesuatu. Bayangan buruk itu biasanya muncul karena adanya faktor-faktor yang tidak bisa kita tahan kemunculannya, yaitu rasa tidak aman alias insecure.

Sebagai contoh, misalnya kamu akan presentasi nih ceritanya. Tiba-tiba saja kamu  membayangkan hal-hal buruk yang nantinya akan terjadi selama presentasi atau bahkan sesudah presentasi.

Mungkin yang akan terlintas di benakmu nanti adalah khawatir kalau tidak bisa bicara di depan hingga bayangan akan orang yang kecewa dengan penampilan kamu misalnya.

Contoh lebih sederhananya tentang bayangan hal buruk misalnya ketika kamu mau rekreasi ke pantai, lalu secara tiba-tiba kamu membayangkan adanya tsunami tinggi yang menghantam seluruh orang di area itu dan meluluhlantahkan segalanya.

Sepersekian detik setelah visualisasi negatif itu muncul pasti kamu akan merasa tidak tenang hanya untuk sekadar berkunjung ke pantai

Tugasmu sekarang adalah, cobalah untuk memikirkan semua hal positif yang mungkin terjadi selama ataupun sesudah presentasi. Misalnya kamu membayangkan dirimu yang berbicara laksana orang mahir, kamu yang mengusai materi dengan super baik, kamu menjadi bisa improvisasi materi dengan baik, dan bayangan akan ada orang yang bangga dengan presentasimu kali ini.

Dengan membayangkan hal-hal positif itu maka setidaknya kamu telah membebaskan belenggu stress yang mengganggu.

Tips #2 - Melakukan meditasi

Arti harfiah dari meditasi itu adalah mengalihkan perhatian sementara waktu dan menenangkan pikiran dari keadaan stress. Jadi meditasi tidak melulu tentang duduk bersila dengan tangan diletakkan di lutut kemudian mata terpejam serta mulut komat-kamit, tidak. Meditasi bisa kamu lakukan dengan hal lain, selama tujuannya tercapai.

Beberapa hal itu bisa berupa berjalan mondar-mandir, kegiatan menyulam, atau bahkan melukis. Pilihlah salah satu dan lakukan dengan memusatkan pikiran guna menghilangkan stress.

Tips #3 - Menarik napas dalam-dalam

Biasanya, ketika rasa stres melanda dirimu secara otomatis akan merasa tegang dan tanpa disadari napasmu menjadi lebih pendek dari biasanya. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya segeralah duduk dan diamlah sejenak lalu tarik napas yang panjang serta hembuskan pelan-pelan. Hal itu ditujukan untuk menormalkan ritme pernapasan kamu sehingga kamu menjadi lebih tenang.

Tata cara untuk bernapas yang baik dan benar

  1. Tariklah napas panjang dengan tenang. Kemudian, turunkan bahu kamu seraya hembuskan napas pelan-pelan melalui mulut.
  2. Rasakan adanya aliran besar udara yang masuk ketika kamu menghirupnya. Lalu, fokuskanlah pikiranmu untuk memikirkan hal-hal yang baik.
  3. Mulai rasakan dada dan perut kamu yang mulai mengembang. Setelah dirasa cukup, lepaskanlah napas perlahan melalui mulut dan lakukan hal ini terus menerus hingga kamu merasa lebih baik dari sebelumnya.

Tips #4 - Meminum teh hangat

Banyak jurnal-jurnal yang membuktikan bahwa dengan meminum teh maka tubuh kamu akan merespon dengan mengeluarkan hormon kortisol. Hormon ini berguna untuk menurunkan level stress dalam tubuh.

Di Jepang, penggunaan teh begitu sampai begitu diagungkan, buktinya ada upacara meminum teh dalam adat Jepang ketika ada tamu yang bertandang di rumah. Hal ini dikarenakan khasiat teh itu sendiri yang begitu baik untuk kondisi tubuh. Misalnya membuat tubuh menjadi lebih langsing karena teh bisa menurunkan lemak, hingga pada khasiatnya yang telah saya jelaskan di paragraf pertama tadi.

Tips #5 - Bawalah aromaterapi ketika persiapan presentasi

Aromaterapi memiliki hubungan erat akan manfaat bagi otak kita, berdasarkan artikel dari Medical News yang berjudul Aromatherapy - what you need to know

Disitu dijelaskan bahwa dengan menghirup minyak aromaterapi melalui hidung, molekul aromatiknya secara langsung akan melalui selaput hidung kemudian melalui saraf olfactory (saraf yang bertugas membawa impuls indera penciuman dari hidung menuju ke otak) dan mulai m
emasuki otak.

Saat molekul mencapai otak, mereka memengaruhi sistem limbik, yang terkait dengan emosi, detak jantung, tekanan darah, pernapasan, ingatan, stres, dan keseimbangan hormon. Dengan cara ini, minyak aromaterapi dapat memiliki efek halus serta holistik pada tubuh. 

Salah satu manfaat holistik yang bisa dirasakan ya tubuh menjadi lebih rileks, tekanan dalam tubuh menjadi bisa diredam, dan rasa gugup bisa hilang perlahan seiring dengan hirupan pada wangi aromaterapi.

Tips #6 - Minum air putih yang banyak

Sebenarnya manfaat dari minum air putih tidak langung berpengaruh ketika kamu stress, namun perlu diketahui bahwa tubuh kita cenderung kehilangan banyak air ketika sedang stress. 

Nah, disinilah fungsi minum banyak air putih sebagai faktor pengembali cadangan air yang harus terpenuhi dalam tubuh.

Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan bisa lebih fokus dalam menjalankan sesuatu, tak terkeculali ketika hendak menjalankan presentasi. Dengan rasa fokus yang meningkat, setidaknya kamu telah menyiapkan diri lebih baik untuk presentasi, sehingga rasa gugup bisa kamu kurangi secara perlahan-lahan.

Tips #7 - Tidur yang cukup sebelum presentasi

Tips ini hanya akan berlaku ketika kamu jauh-jauh hari telah membaca artikel ini karena secara sadar kamu akan menyiapkan waktu istirahat lebih sebelum kegiatan presentasi tiba.

Tidur yang cukup akan membuat diri kamu menjadi lebih bugar dan terlepas dari stres di kemudian hari, dengan ini kamu bisa memulai hari dengan lebih bahagia dan afirmasi positif.

Pastikan sebelum tidur untuk mematikan gawai yang memiliki kemungkinan untuk mengganggumu, misalnya handphone ataupun televisi.

Summary - Kesimpulan

Rasanya hal itulah yang bisa diperhatikan dan dilakukan ketika stress melanda kamu. Pilihlah beberapa tips yang cocok denganmu dan terapkan bila memungkinkan. Harapannya, semoga dengan kamu melalukan tips-tips pilihan itu, kamu menjadi lebih siap untuk menjalani hari dengan presentasi.

Terima kasih telah membaca, semoga presentasimu lancar ya teman-teman!

Gracia!