Mengatasi Permasalahan Tampilan Memanjang di Visual Studio Code

Mengatasi Permasalahan Tampilan Memanjang di Visual Studio Code

Mengatasi tampilan visual studio code yang terpotong - Dalam artikel kali kita akan membahas sesuatu hal tentang kode editor kenamaan yang suering banget dipakai oleh programmer di Indonesia ataupun di luar negeri. Kode editor itu bernama Visual Studio Code, dia nawarin banyak banyak fitur yang berguna buat para tukang koding.

Mengapa Visual Studio Code begitu istimewa?

Ini dikarenakan yang ngembangin langsung Microsoft dan hampir bisa dikatakan selalu up to date untuk fitur maupun ekstensi yang ditawarkan. 

Banyak buanget fitur yang disiapin sama Visual Studio Code, ini beberapa diantaranya: Intellisense, Git Integration, Debugging, dan fitur ekstensi yang menambah kemampuan teks editor. 

Selain itu, Visual Studio Code ini juga mendukung banyak bahasa pemprograman untuk dijalankan di dalamnya, dan dia juga udah support banyak banget plugin-plugin yang super berguna.

Namun, ada sesuatu yang biasanya membuat seorang programmer merasa kesulitan ketika menggunakan aplikasi ini.. Terlebih programmer pemula yang masih baru menjajal aplikasi kode editor ini

Apakah itu?

Permasalahan itu terkait dengan tampilan visual studio code yang terpotong, atau kalau ngga terpotong yang melebar dari ujung ke ujung. Kira-kira seperti ini visualisasinya

Mengatasi Permasalahan Tampilan Memanjang di Visual Studio Code
Kudu di scroll kanan kiri kan jadi repot

Begini penjelasan dari screenshot di atas..

Itu merupakan tampilan visual studio code default yang sering kali ngebuat penggunanya bingung, termasuk saya pada awalnya. 

Hal ini dikarenakan tampilannya yang memanjang secara horizontal (dari ujung kiri ke ujung kanan) alih-alih secara vertikal (dari atas ke bawah)

Ini dulu berdampak ke saya, ngoding jadi lebih lambat karena harus scroll ke kanan mentok kalau misalkan mau ngedit apa gitu. Intinya kalau misal ada salah di ujung kanan gitu saya sering merasa sebel dan gemes sendiri hehe.

Singkat cerita saya bertanya ke beberapa teman yang juga hobby ngoding terkait masalah ini. Banyak dari mereka yang juga nggatau..

Aku terus nyari infoo doong, soalnya kadung demen sebenarnya sama si Visual Studio Code ini, demen karena ketika saya belajar si tutorku juga make ini. Jadi makin bisa cepat paham gitu.

Akhirnya aku tanya nih ke salah satu temen yang dulu pernah ketemu ketika lomba PUSAKA JATIM 2018. Sekarang dia kuliah di Informatika ITS Surabaya, namanya kak Fiqey Indrianti, begitu kalau ngga salah hehehe.

Aku tanyain deh tuh gimana solusinya, dia nyuruh untuk nunggu sebentar dan ketika kembali dia udah bawa jawabannya..

Berikut ini caranya.

Cara Mengatasi Tampilan Visual Studio Code yang Memanjang

Ternyata caranya cukup mudah, atau bahkan bisa saya katakan sangatlah mudah

Ya emang saya aja yang belum kebiasa pake ini aplikasi jadi kalau ketemu masalah masih bingung hehehe.

Nah, terus gimana caranya..

Caranya kita tinggal pakai shortcut yang bisa diakses pake keyboard masing.

Shortcutnya cuma ALT+Z, udah cuma itu doang. Nah dengan kamu menyetting dengan ALT+Z ini maka tampilah Visual Studio Code akan otomatis relatif terhadap ukuran windownya..
Catat ya, shortcut untuk mengatasi tampilan VSCode yang terpotong itu Alt+Z
Dari yang awalnya kudu scroll mentok ke kanan atau ke kiri, seperti gambar pertama yang atas tadi

Kini menjadi lebih mudah buat ngoding, kira-kira seperti ini

Mengatasi Permasalahan Tampilan Memanjang di Visual Studio Code
Sudah tidak terpotong lagi

Dan dia menjadi relatif terhadap window, jadi mau di resize kek apapun ya tetap rapi seperti ini

Mengatasi Permasalahan Tampilan Memanjang di Visual Studio Code
Kini tampilannya menyesuaikan window

Nah begitulah cara untuk mengatasi tampilan visual studio code yang memanjang, caranya cukup sangatlah mudah dan cuma butuh sekali teken aja wkwkwk. 

Oh iya, saya ada rencana untuk membuat beberapa materi ngoding di blog ini temen-temen. InsyaAllah blue print rancangan udah siap dan tinggal eksekusi doang, semoga bisa terus membawa manfaat untuk orang banyak.

Terimakasih bagi yang sudah membaca artikel ini, semoga harimu selalu bahagia. Salam ngoding mania!