4 Cara Praktis Menghilangkan Gugup Saat Presentasi

Tips menghilangkan rasa gugup alias nervous pada saat presentasi


Banyak dari kita yang menjadikan gugup sebagai alasan atas penampilan yang kurang begitu bagus ketika tampil di muka umum. Kalau ditanya, "Eh, kok tadi materinya sulit dipahami sih ketika kamu presentasi?" atau mungkin "Sob, kamu tadi kok tegang sih pas presentasi, jadi ngga enak di denger tau"

Cara menghilangkan gugup ketika presentasi
4 Cara Praktis Hilangkan Gugup

Dari sentilan itu pasti ada saja yang memilih untuk menjadikan gugup sebagai alasannya, dengan berkata, "Aduh maaf nih, tadi gua gugup," atau suara lain berkata "Ih iya bener, aku tadi ngerasi bener-bener grogi tauk"

Okay, itulah latar belakang masalah dalam artikel kali ini teman-teman. Sangat banyak alasan yang menjadikan seseorang tidak mau tampil saat presentasi. Mungkin ada yang merasa malas, atau merasa takut, atau karena ga punya materi untuk ngomong di depan, dan masih banyak lagi alasan lain.

Tapi nih tapi, alasan paling banyak ditemui itu karena gugup alias grogi teman-teman, karena alasan itulah banyak buanget orang yang gamau berbicara di hadapan banyak orang. Parah ngga tuh?

Nah, dalam artikel Tips menghilangkan rasa gugup ini akan dijelaskan beberapa langkah yang bisa membantu kamu agar tidak lagi gugup saat presentasi, artikel ini cocok untuk dibaca para mahasiswa noh, yang masi takut sama dosen ketika ditunjuk buat ngomong di depan hehe.
Mari people with despirite of learning, kita kupas tips-tipsnya berikut ini:

Tips #1 - Lakukan relaksasi sebelum tampil

Rasa stres tentunya sering melanda sebagian dari kita, ia bisa datang kapanpun, termasuk ketika kamu mau public speaking. Rupa rasanya pun berbeda-beda, ada yang jantungnya berdegup dengan kencang, ada yang ketika berbicara menjadi terbata-bata, dan masih banyak lagi.

Jika kamu termasuk dalam orang yang sering mengalami hal itu, maka lanjutkanlah membaca artikel ini sampai selesai ke akarnya.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah relaksasi, coba tenangkan diri kamu sebisanya menjelang jadwalmu berbicara di depan. Sugestikan dalam diri kamu untuk menikmati jalannya presentasi nanti.

Pada intinya di langkah pertama ini pikiran menjadi kunci. Pikiran yang tenang cenderung lebih santai ketika berbicara di depan. Lagipula, sekelas orang besar pun, seperti presiden, sampai CEO aplikasi unicorn pun tetap akan merasakan gugup lho

Bedanya mungkin dari mereka sudah memiliki jam bicara yang tinggi, sehingga lebih mampu untuk beradaptasi dalam keadaan apapun. Kalau dalam ungkapan bahasa inggrisnya sih Practice make perfect.

Kamu bisa tengok artikel tentang Tips Praktis Menghilangkan Stress dengan Relaksasi untuk penjelasan yang lebih mendalam terkait tips nomor satu ini. Langsung cek aja, artikelnya daging semua!

Tips #2 - Cobalah untuk tertawa sebelum giliranmu berbicara 

Rasa tegang bisa membuat orang seketika lupa akan segalanya. Parahnya, ketika mau presentasi, rasa tegang ini dapat membuat anda blank dengan materi bicara anda. Nah, hal itu sering banget terjadi ternyata. Dan tahukah kamu salah satu cara efektif untuk tidak tegang adalah cobalah untuk membuat guyonan kepada teman di sampingmu.

Hiburlah dirimu dengan tertawa terlebih dahulu, 3 menit saja rasanya udah cukup dan bisa membuat kamu menghilangkan tekanan ketika rival kamu berbicara di depan.

Bacalah atau bahkan buat jokes segar tentang apapun itu biar kamu makin ga kepancing buat tegang, biar kamu ngga kepancing nengok rivalmu yang lagi bicara di depan. Ingat, yang utama adalah buat dirimu menjadi terhibur sehingga setelah itu kamu punya energi baru yang membuat rasa stres hilang seketika.

Tips #3 - Lihatlah atas kepala audiens anda ketika gugup 

Kalau masih bingung ngga papa, sekali baca mungkin masih terasa aneh, apa juga kaitannya antara presentasi sama melihat atas kepala audiens. Cobalah baca tips nomor tiga ini biar makin ngeh sama artinya.

Jadi gini temen-temen, biasanya nih biasanya. rasa gugup itu suering banget muncul kalau kita tegang.

Betulkan?

Nah, rasa tegang ini biasanya muncul ketika terjadi eye contact alias kontak mata alias ketika kamu beradu pandang sama audiens kamu, atau bahkan beradu pandang sama orang yang kamu takuti yang kalau presentasimu jelek kamu nanti akan dimarahin.

Mulai pahamkan? Intinya pandangan mata itu sangat berpengaruh dengan performa kamu diatas panggung, terlebih bagi kamu yang masih pemula.

Terjadi kontak mata > tegang ketika bicara > gugup makin menjadi-jadi > akhirnya blank, lupa segala materi. Kira-kira alurnya nanti akan seperti itu kalau kamu pemula dalam bidang presentasi.

Protipsnya untuk mengatasi hal itu ialah, jangan lihat mata para audiens anda ketika gugup, tapi boleh lah sekali-kali melihat mata juri-juri anda atau siapa pun yang mau kamu hormati. Tapi mostly Jangan sering ngeliat mata para audiensmu ketika kamu gugup.

Ketika kamu gugup, langsung saja cari tembok yang lurus dengan pandanganmu, lihat tembok itu dan berusahalah untuk tenang, ketika sudah tenang barulah turunkan pandanganmu sampai sejajar dengan mata audiensmu, supaya audiens menilai kamu orang yang sopan ketika berbicara di depan.

Tips #4 - Perbanyaklah latihan, ingat bahwa practice make perfect

Tiada lagi langkah jitu dan ampuh selain mulai saat ini perbanyaklah untuk bicara di depan umum, ini adalah kuncinya. Ambil aja seluruh kesempatan bicara, mulai dari sambutan, menyampaikan pengumuman, sampai pada berdebat. Oh iya, kalau kamu minat baca artikel Cara Debat yang Elegan langsung aja kunjungi link itu yaa.

Sekali lagi bahwa banyak latihan itu baik, tingkatkan jam terbang kamu menjadi seorang pembicara, nggapapa awalnya kamu terbata-bata, hal itu normal terjadi, namun sering waktu moga-moga kamu makin bisa evaluasi kelemahanmu dimana dan akhirnya kamu makin mantab ketika bicara di muka umum.

Sedikit tips, cobalah untuk mulai berbicara dengan keluarga dekat kamu. Misalnya bicaralah dengan ibumu, bapakmu, adikmu, atau kakakmu. Mintalah mereka untuk mengoreksi cara berbicara kamu dan mulailah juga untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi.

Kalau udah puas di tahap keluarga, kamu bisa mulai bicara dengan lebih banyak orang di depanmu, entah di lingkungan masyarakat, atau di kelas, atau di sekolah, atau dimana pun. Karena semakin banyak lawan bicaramu maka akan semakin bagus pula kemampuan bicara kamu.

Nah, itulah 4 cara praktis menghilangkan gugup saat presentasi, semoga isi artikel ini mudah dipahami dan juga bisa diamalkan dengan praktis begitu kamu selesai membaca ini. 

Terakhir, jangan patah semangat ketika performa kamu bicara masih jelek, tidak papa selagi kamu terus berlatih nanti lama-lama juga bakal bisa sendiri.

Okey temen-temen, artikel ini juga boleh kamu share ke orang terdekatmu atau siapa pun yang butuh materi ini. Terima kasih atas atensinya, jangan lupa cek artikel yang lain.

Semoga harimu selalu bahagia! Merci!