Mengaktifkan Conservation Mode di Laptop Lenovo Supaya Baterai Makin Awet

Mengaktifkan Conservation Mode di Laptop Lenovo Supaya Baterai Makin Awet

Menghemat baterai Lenovo dengan fitur conservation mode - Kalau kita berbicara tentang kesehatan laptop, hal pertama yang kemungkinan besar akan terlintas di benak penggunanya adalah masalah kesehatan baterai laptop. Maklum saja, baterai pada laptop memegang peranan penting dalam penggunaan laptop itu sendiri.

Tanpa baterai laptop yang sehat, mungkin kita akan jengkel karena tiba-tiba laptop kehabisan daya ketika kita lagi sibuk-sibuknya revisi skripsi misalnya. Atau lagi maraton nonton drama korea eh laptopnya ngga betah dipakai selama berjam-jam.

Nah untuk mengatasi boros pada baterai laptop dan juga menjaga supaya kesehatan laptop selalu terjaga, tentunya kita harus melakukan upaya preventif alias upaya pencegahan.

Namun, pada artikel kali ini secara khusus hanya akan membahas laptop di merk Lenovo saja. Baik di seri ThinkPad, IdeaPad, ThinkBook, dan seri lainnya.

Terus gimana tuh cara menjaga kesehatan baterai?

Mengenal apa itu Lenovo Conservation Mode

Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan baterai adalah dengan kita mengaktifkan fitur Lenovo Conservation Mode. Ringkasnya, mode ini hanya bekerja ketika laptop dalam keadaan terkoneksi dengan charger (Plug-In). Ketika mode conservation mode ini dijalankan, yang akan terjadi adalah sistem laptop menjaga supaya masukan daya baterai tidak melebihi 60% dari kapasitas total.

Biasanya fitur ini sudah menjadi bawaan dari laptop lenovo seri terbaru, misalnya pada seri Ideapad, Thinkpad, dan Thinkbook. Mode ini bisa diakses dengan menggunakan software canggih dari lenovo yang bernama Lenovo Vantage.

Kegunaan dan fungsi Lenovo Conservation Mode

Banyak hal yang bisa kita peroleh dengan mengaktifkan mode ini. Hal yang paling penting ada di penggunaan masa pakai baterai yang menjadi lebih lama dan lebih awet.

Sedikit tambahan informasi, bahwa ketika laptop di isi dayanya sampai 100% itu nanti akan mengurangi lifetime baterai lebih cepat jika dibandingkan dengan mengisi daya tidak sampai penuh.

Tentunya hal ini akan membuat kita sebagai pengguna menjadi tidak lagi was-was ketika seharian penuh bekerja dengan laptop dalam keadaan mengisi baterai laptop. Sistem laptop akan senantiasa menjaga power baterai stabil di angka 60% dalam keadaan diisi daya, tidak akan meloncat sampai 100 persen.

Jadi makin amuan:D

Cara mengaktifkan mode lenovo conservation mode

Mengaktifkan di windows

Umumnya pada laptop Lenovo seri terbaru itu sudah terinstall aplikasi yang namanya Lenovo Vantage. Namun, kali ini akan saya ajarkan dari awal tentang bagaimana cara install Lenovo vantage sampai dengan mengakses fitur-fitur emasnya.

Baca Juga: Cara Mengganti Background Zoom Meeting

Cara Install Lenovo vantage

Caranya mudah, saya anjurkan untuk men-download-nya lewat Microsoft Store biar dapat update terus. Begini langkah kerjanya. Selain itu ya biar dapat aplikasi yang fresh aja gitu, secara inikan toko aslinya dari Microsoft hehe.

Pergilah ke Microsoft Store, pada kotak pencarian silahkan ketikkan “Lenovo Vantage

menjaga kesehatan baterai laptop dengan lenovo conservation mode
Memilih aplikasi lenovo conservation mode

Pilih yang itu

Silahkan klik dapatkan, pastikan kamu sudah memiliki akun microsoft agar langkahmu berjalan dengan lancar. Tunggu instalasi sampai selesai.

Mengaktifkan conservation mode

Ketika aplikasi lenovo vantage telah terinstal dengan benar. Silahkan kamu buka aplikasi tersebut dan masuk ke bagian Device ==> My Device Setting ==> Pilih bagian Power

Kamu nanti akan mendapat tampilan seperti ini.

mengaktifkan fitur conservation mode

Jika sudah berada di bagian power, silahkan turun ke bawah dan temukan Battery Settings => Aktifkan Conservation Mode (Klik slidernya hingga berwarna hijau)

mengaktifkan mode lenovo conservation mode
Mengaktifkan mode Lenovo Conservation Mode

Disini kamu juga bisa mengaktifkan fitur Rapid Charge, yang mana fungsinya untuk mempercepat proses pengecasan. Proses pengecasan ini bisa di optimalkan hingga puluhan persen.

Namun, fitur ini hanya bisa diakses bagi laptop lenovo yang sudah support rapid charge itu sendiri, harus sudah support charger 65 watt.

Dengan kamu sudah menyalakan si mode conservation mode tadi, maka laptopmu ketika sudah berada di angka pengecasan 60 persen secara otomatis hanya akan menggunakan daya dari charger langsung dan tidak dilewatkan baterai.

Mengaktifkan di Linux

Kalau di atas kita sudah membahas cara mengaktifkan lenovo conservation mode di operating system Windows, sekarang kita juga ingin kasih tau gimana caranya ngaktifin di OS Linux.

Biar ngga berat sebelah hehehe.

Langkah pertama, cek terlebih dahulu apakah mode conservation mode sudah aktif ataukah belum. Caranya dengan membuka text editor dan mengetik
sudo cat/sys/bus/platform/drivers/ideapad_acpi/VPC2004:00/conservation_mode
Jika muncul angka 1 artinya sudah aktif, tetapi bila muncul 0 berarti belum aktif.

Kamu bisa tuh mengaktifkan atau malah menonaktifkan dengan cara menyesuaikan value dari file diatas.
sudo vim/sys/bus/platform/drivers/ideapad_acpi/VPC2004:00/conservation_mode
Gantilah vim dengan gedit atau nano, preferensi aja sih, sesuaikan dengan text editor yang kamu nyaman untuk menggunakannya.

Terakhir, supaya conservation mode di Linux mudah dirubah ulang, tambahkan shorcut alias ke .bashrc atau .zshrc kamu.
sudo alias conservation_mode="vim /sys/bus/platform/drivers/ideapad_acpi/VPC2004:00/conservation_mode"
Oh ya, jangan lupa sourcing .zshrc atau .bashrc untuk mereload .bashrc atau .zshrc kamu. Selanjutnya untuk mengaktifkan fitur Conservation Mode, ketikkan saja conservation_mode pada terminal.

Sumber valid ini saya dapat dari blog ngoding.id

Kesimpulan

Seperti itulah teman-teman cara untuk menghemat dan juga menjaga masa pakai baterai laptop lenovo supaya terus awet. Pada intinya conservation mode itu cuma memutus aliran listrik dari baterai ketika sudah mencapai 60% dan langsung menghidupi laptop dari arus listrik dari charger.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu, terima kasih dan sampai jumpa!