Cara Mencetak di Kertas Binder Supaya Catatan Kamu Menjadi Lebih Rapi

Aktivitas mencetak lembar kerja tugas ataupun pekerjaan tentu sudah menjadi hal yang familiar untuk kita. Namun, biasanya orang-orang hanya akan mencetak di kertas HVS polos kemudian harus melakukan pekerjaan lagi yaitu berupa binding dimana kita harus membendel ulang apa yang sudah kita cetak, tentunya itu merupakan hal yang merepotkan. Apalagi untuk para pelajar yang biasanya mau catatan yang mereka cetak terorganisir dengan baik.

Untungnya ada solusi menarik untuk mengatasi permasalahan di atas, yaitu dengan mencetak langsung di atas kertas punch hole yang biasanya digunakan untuk kertas binder.

menjelaskan cara mencetak di kertas binder dengan cepat
Photo by Arren Mills on Unsplash

Hal ini akan menghemat waktu kita dan tentu saja membuat kita senang dengan hasil cetak kita. Menghemat waktu karena kita tidak perlu membendel ulang dan senang karena hasil cetak yang seperti bisa langsung di bukukan di binder.

Lalu bagaimana cara mencetak di kertas binder itu?

Pertama, tentukan dahulu file apa yang hendak di cetak.

Sebelum memulai tentunya kita harus menentukan file apa yang mau kita cetak. Ini sesuai kemauan kamu. Namun sangat saya sarankan untuk mengubah file yang ada menjadi PDF terlebih dahulu. Hal ini supaya memudahkan ketika mengatur di tahap kedua nanti, file PDF cenderung lebih stabil ketika diedit dan tidak bisa berubah, jadi tidak masalah ketika kamu mau mencetak di ukuran A5 atau bahkan A6.

Nah, cara mengubah file tertentu menjadi PDF sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya, langsung saja cek disana ya.


Kedua, mengubah pengaturan mencetak

Setelah menentukan file apa yang mau dicetak, dalam hal ini saya mau mencetak kumpulan soal dari zenius, sekarang masuk ke tahap untuk mengatur mesin pencetak.

Buka panel printer melalui aplikasi microsoft word, setelah itu masuk ke bagian print dan properties. Sesuaikan tipe printer dengan yang ada pada panel, rubah ukuran kertas menjadi A5 (karena hendak di cetak di kertas binder A5, bisa di sesuaikan)

membuka panel properties untuk mengatur printer

Jika sudah, pastikan berikan centang pada Duplex Printing seperti ada foto. Kalau semua sudah dipastikan benar, maka setting printer sudah berhasil dilakukan. Sekarang waktunya untuk mencetak

mengatur settingan printer melalui printer properties
Keterangan gambar:
  • Berikan centang pada Duplex Printing (Manual), berfungsi agar hasil cetak menjadi bolak-balik
  • Atur ukuran sesuai kertas kamu, disini saya menggunakan kertas binder A5
  • Pastikan untuk klik OK jika sudah selesai mengatur

Ketiga, proses mencetak

Sebelum mencetak, pastikan kamu sudah mengisi printer dengan kertas binder sesuai ukuran yang dikehendaki. Pastikan lubang kertas berada pada kiri dari printer atau kanan dari pandangan kamu.

Pilih file yang hendak di cetak, lalu buka dengan aplikasi yang kamu mau. Namun disini sebagai contoh saya menggunakan google chrome untuk membuka file PDF.

Langkah yang harus dilakukan:

Klik ikon cetak di bagian kanan atas untuk membuka pengaturan mencetak

Samakan pengaturan dengan yang ada di gambar yang saya berikan. Mulai dari mengatur ukuran kertas menjadi A5 dan pastikan mencentang bagian print di kedua sisi agar nanti hasil cetak bolak-balik dan menghemat kertas.

menekan tombol cetak

Samakan pengaturan seperti gambar di bawah ini
cara mencetak di kertas binder

menekan tombol print di kedua sisi


Jika setting sudah dilakukan, langkah berikutnya tinggal menekan tombol cetak dan tunggu hasil cetak selesai.

Oh iya, di tengah proses mencetak pasti akan muncul peringatan seperti ini.

peringatan untuk membalik kertas yang harus dilakukan

Tidak usah khawatir, kamu tinggal balik kertas sesuai instruksi pada layar lalu masukkan kembali kertas pada printer dan tekan OK. Printer akan kembali mencetak halaman sebaliknya hingga selesai

Keempat, memasukkan dalam binder

Selamat! Kamu telah berhasil mencetak di kertas binder. Mudah bukan? Sekarang kamu tinggal memasukkan dokumen yang sudah tercetak ke dalam binder. Sekarang kamu menjadi punya catatan yang rapih dan terorganisir dengan baik dan tidak lagi takut kertas hilang karena terselip hehe.

terlihat hasil yang rapi seusai mencetak

Seperti itulah hasil cetak pada kertas binder

Terimakasih sudah membaca, semoga artikel ini bisa menolong kamu yang ingin mendapat cara efektif dalam mencetak