Aku, Zenius Education, dan Lolos SBMPTN 2020

Cerita Persiapanku Menuju SBMPTN 2020


Tulisan ini dibuat sebagai pengiling-iling (pengingat-ingat) perjuangan belajar untuk mendapatkan kampus perjuangan. Jadi nantinya isinya murni kek semacam jurnal kegiatan yang sifatnya pribadi. Namun, semoga tetep ada manfaat yang bisa diperoleh kalau ada yang nyasar baca tulisan ini. Selain itu, aku barusan tau kalau Zenius Education lagi ngadain lomba nulis #CeritaZenius di blog pribadi selang 2 hari setelah posting artikel ini. Jadinya yaudah sekalian aja aku edit dan sesuaiin sama kriteria lombanya aja hehe, sikaatt.

Sebagai informasi, artikel ini telah mendapat apresiasi secara langsung dari Zenius Education dengan menjadi juara 1 lomba menulis #CeritaZenius

Sebelum nulis cerita ketika ikut SBMPTN 2020, aku mau ngejelasin dikit tentang diriku ke kamu. Ketika MAN dulu (setara SMA gitu lah) aku termasuk anak yang mindsetnya itu kudu ikut kegiatan terus. Semua kegiatan yang menurutku seru dan bisa ketemu orang banyak bakal aku jabanin dah.

Dari kelas 10, aku udah mulai ikut kegiatan yang sifatnya lomba, dari situ aku dapet banyak cerita, pengalaman, serta duit dengan nominal yang yaaaa cukup dibuat nabung lah. Beberapa prestasi pernah aku raih ketika kelas 10 itu, mulai dari jadi Duta Kesehatan sampai jadi Remaja Pelopor Keselamatan Kereta Api Jawa Timur.

Mulai masuk tahun kedua di MAN, alias ketika masuk kelas 11, aku memutuskan untuk lebih konsen ikut organisasi, aku milih OSIS sebagai organisasi yang hampir ngabisin sebagian banyak waktuku. Bahkan, aku juga sempet jadi ketua OSIS juga pada masa itu. 

Sering cabut kelas demi rapat, atau sering cabut rapat demi kelas udah pernah aku lakuin. Alhasil nilai semester 3 dan 4 ku jeblok lumayan parah hahaha, ya walaupun ngga banyak tapi ada satu mimpi yang ingin aku perjuangin dengan biji-biji nilai rapor tersebut. Kamu pasti taulah yaaa, jalur masuk yang hoki-hokian itu tuuhh, namanya adalah SNMPTN.

Nyoba peruntungan di SNMPTN, walaupun ga yakin juga sih

Singkat cerita, aku masuk ke pemeringkatan SNMPTN, posisinya juga udah bagus banget, aku ada di ranking 5 besar paralel sekolah dan ranking 2 jurusan IPA. Hal itu ngebuat aku kepengen nyoba masuk PTN yang lumayan beken lah istilahnya, tapi yang masuknya ngga berat-berat banget dan juga ngga mudah-mudah banget.

Akhirnya pilihanku jatuh ke Universitas Airlangga Surabaya, aku ngambil prodi Teknologi Sains Data dan Biologi. Alasan ngambil sains data karena itu satu dari 6 jurusan baru yang ada di Unair, aku expect bakal mudah nih masuk situ. Terus kalau biologi itu murni karena suka aja, soalnya dulu pernah jadi juara 1 kabupaten ketika ajang Kompetisi Sains Madrasah (semacam OSN kalau untuk SMA, tapi ini untuk anak MAN).

Abis nunggu beberapa waktu, hasilnya aku gagal di SNMPTN tahun ini, nge-drop? Iya waktu itu, tapi ngga lama, karena aku emang udah nyiapin worst case kalau misalkan gagal di SNMPTN. Kebetulan dulu itu ketemu artikel Zenius yang intinya jangan terlena sama SNMPTN, lebih baik siapin materi dan belajar mati-matian buat SBMPTN. Eh tapi maap-maap banget nih, aku lupa dulu baca artikel yang mana wkwkw.

Dan dengan bangga aku persembahkan  hasil SNMPTN-ku, merah sodara-sodaaraaa

Disinilah kisah cintaku dengan Zenius dimulai, sebuah kisah yang tidak akan kusesali selama hidup

Overview pasca gagal SNMPTN

Sebelum ikut SNMPTN, aku udah jelasin di atas kalau juga udah nyiapin rencana kegagalan, cielah. Aku naruh SNMPTN itu cuma sebagai jackpot aja. Abis milih jurusan terus aku lupain dan kubuat belajar SBMPTN deh haha. Soalnya ya gitu, aku udah PD sama nilai dan juga portofolio yang aku kirim, biar alam yang bekerja gitu dah habis itu. Padahal hasilnya ya merah

Waktu itu pikirku cuma “wong yang prestasinya aja top global kadang masih ga jebol tuh”, oke sebentar, ini bukan ngeles dan juga bukan alasan buat berlindung di balik kata itu.

Tapi, satu hal yang lebih penting, di SNMPTN aku ngambil jurusan yang emang aku mau, bukan ngambil jurusan yang peluangnya gede tapi aku ngga terlalu minat disitu. Jadilah aku ngambil 2 prodi yang udah aku sebut diatas. Dan ternyata gagal, ngga masalah, seenggaknya aku ngga downgrade pilihanku. Jadi andaikata gagal pun ya its okey, nothing to lose kalau kata orang-orang. Lah daripada mikir "yang penting masuk" dan ternyata bener masuk SNM tetapi ngga cocok sama jurusannya kan berabe. Mana kalau udah lolos SNM gabisa ngambil SBM.

Nah, sekarang aku baru mau nulis tentang perjuangan belajar buat ngelamar kampus yang udah aku mau sejak dulu. Kampus yang sueeeering banget orang-orang itu salah sebut tentangnya. Singkatnya aku kepengen masuk ke ITS Surabaya.

Sebenernya mau masuk ke kampus gajah yang di Bandung itu, akan tetapi setelah aku timbang-timbang sama ortu, akhirnya jatuhlah pilihan ke kampus ITS Surabaya ini. Toh peringkatnya juga udah baik, prestasinya udah mendunia, prodinya juga bersaing. Lebih dari itu, alesan utama ya karena biaya sih, aku ngelamar masuk lewat jalur SBMPTN Bidikmisi. Pengennya semoga nanti S-2 nya bisa di kampus gajah beneran, doanya aja ya.

Perjuangan belajar demi lolos SBMPTN bersama Zenius Education

Disclaimer, di dalam sini nanti banyak banget istilah yang aku sadur dari bimbel jagoanku, intinya aku percayain masa depanku ke Zenius Education untuk nembus PTN yang aku mau. 

Skip....

Aku mulai fokus belajar buat SBMPTN itu selepas re-organisasi di sekolahku, itu di bulan-bulan akhir tahun 2019, tepatnya di Oktober. Pada mulanya aku cuma belajar ringan aja waktu itu, sekadar buat nyelesaiin tugas dari guru.

Masuk di tahun 2020, aku makin giat buat belajar, terlebih pada awal tahun itu Zenius memberikan sebuat ide gila untuk semua pejuang SBMPTN se-angkatanku. Yes! Zenius mulai bulan Desember 2019, atau bulan apa yak aku lupa, itu mulai ngebuka seluruh fitur belajarnya gratis tis. Bener banget, Zenius gratis akses dan aku ngga nyia-nyia in kesempatan emas tersebut. Lhawong awalnya aku mau berlangganan eh malah di gratisin, ya mantap dong yiahaha.


Nah mas, terus gimana nih cerita belajarmu? Daritadi basa-basi mulu ih..

Okay, aku bakal cerita nihh..

Cerita salah membuat jadwal belajar

Aku belajar di Zenius itu udah kayak hiburan seperti nonton di Youtube gitu pada masa itu, aku ikuti semua tips belajar dari Zenius, ngikuti cara membuat jadwal preparasi yang bener dari Zenius, aku ketampar banget sih setelah nyadar apa yang aku lakukan selama bertahun-tahun membuat jadwal TIME ORIENTED itu salah total! Ternyata yang betul itu yang Task Oriented, disini aku kek nemu berlian yang bersinar banget gitudeh, langsung dah tuh aku rubah jadwal belajarku. Pokoknya aku aliran Zenius garis keras gitu pokoknya.

Beginilah penampakan jadwal besarku, ini aku buat menjelang UTBK sih, kurang 11-an minggu gitu. Aku sengaja buat besar terus tempel di dinding biar ngga nggelendor.



Materi Zenius Learning adalah materi pertama yang aku pelajari. Disitu isinya ada core belajarnya Zenius, isinya muacem macem dan aku ngerasa itu sangaaatttt berguna banget buat ngebangun mental belajar yang ajib. Jadi makin paham sama konsep diri dan gimana caranya ngejaga semangat terus berkobar. Ini kek kudu dipelajari bagi pengguna baru zenius sih, overkill banget materinya.

Disitu aku banyak belajar tentang self motivation, tips goals and motivation, tips buat para first time pejuang SBMPTN, tips belajar ala Zenius, dan masih banyak lagi. Semua videonya pake format tulis tangan dan tutornya yang bernama Bang Sabda itu bener-bener mantap banget ketika maparin materinya.

Selesai dari situ aku baru masuk ke materi SAINTEK UTBK, ohya, di ITS Surabaya aku ngambil prodi Fisika sama Matematika. Yoi kawan, semua yang aku ambil adalah mata pelajaran murni.

Waktu itu aku belajar tiap pulang sekolah sampe malem hari, pokoknya sampe larut gitu. Aku berusaha ngejaga konsentrasi supaya materinya bisa mendarat dengan baik di otak. Hal itu terus aku lakuin sampe beberapa bulan. Dari mulai awal tahun sampe bulan maret kalau ga salah.

Dan disinilah cerita serunya dimulai, ketika angkatan 2020 terpaksa dirumahkan sekian lama dan UN ditiadakan....

Belajar selama pandemi? Tenang dude, ga masalah, ada Zenius!

Pandemi telah banyak merubah tatanan perjuanganku kala itu, waktuku belajar di rumah jadi ngga terbatas semenjak keputusan dari sekolah untuk meliburkan. Setelah itu juga ada kejutan bahwa UN ditiadakan.

Jujur aku sangat bahagia waktu itu. Artinya aku bisa bener-bener fokus 100% buat ngepung materi di SBMPTN dan artinya langkahku ke kampus yang aku mau makin dekat, cihuy!

Makin menggila dah tuh model belajarku, tapi biasanya dipengaruhi sama mood juga sih. Kalau lagi mood itu perhari bisa sampai 10-an jam (nanti aku kasih catatan penggunaan aplikasinya deh galau ga percaya), istirahat belajar cuma untuk sholat, makan, sama tidur siang. Lainnya full duduk di meja belajar sambil ngadep laptop atau HP buat ngebuka aplikasi Zenius. Atau kalau lagi suntuk duduk bisa juga belajar sambil kayang.

Bisa diliat, penggunaan aplikasi Zenius-ku bisa tembus 10 jam. Tapi rerata selalu diatas 5 jam sih.

Dulu aku sering belajar di PC, tapi seiring berjalanya waktu akhirnya muncul dah tuh aplikasi Zenius di PlayStore, eh kecanduan dehhh. Sering juga kalau bepergian itu bawa headset sama isi kuota, ngga lain dan ngga bukan ya buat belajar di jalan.

Aku kepung dah tuh materi Matematika Minat yang ada di playlist UTBK SAINTEK Zenius. Hampir semua aku pelajarin, mulai dari yang dasar sampe materi kalkulus. Banyak banget soal yang aku print out di kertas binder biar makin mudah buat dikerjakan dengan corat-coret..

Sering banget frustrasi ketika ngga nemu jawaban dari soal yang diujikan, pokoknya dulu itu usaha ngerjain sampe mentok baru kalau tetep ngga bisa nanti buka pembahasan.

Singkat cerita materi matematika selesai, aku masuk dah tuh ke materi Fisika dan aku enjoy disitu karena di Zenius itu mengajarkan konsep yang luar biasa hebat, aku selalu ketemu OH MOMENT ketika belajar disini. Berbanding terbalik dengan anak yang biasanya suka cari cara cepat, aku justru kepengen bener matengin konsep dulu pokoknya. Nggapapa deh waktunya belajar lebih lama, toh nanti UTBK kan biasanya soalnya juga SUPER HOTS.

Pola belajar itu terus aku lakuin, pokoknya ngambis pol-polan, tetapi aku ngga sampe ngebuat akun twitter ambis kek kebanyakan pejuang lain. Aku lebih nyaman belajar sendiri dan ngumpetin progressku dari orang lain. Ya paling sesekali ngebuat story WhatsApp ataupun Instagram tentang belajar dikit-dikit, moto materi gitu biar dikira anak rajin wwkkwkwk.

TKA dihapus, ujian SBMPTN cuma TPS, gimana reaksiku?

Ini salah satu moment yang "sejujurnya" ngebuat aku rada kecewa karena udah belajar TKA selama puluhan jam. Di momen pandemi ini, selain pemerintah memutuskan untuk meniadakan UN ternyata muncul lagi satu surprise dari LTMPT bahwa ujian SBMPTN 2020 cuma tentang TPS (tes potensi skolastik) doang...

Eh, ngga doang juga si. Walaupun materi TPS sederhana, tetapi kalau ngga dipelalajari betul-betul ya bisa zonk juga. saat itu juga aku rubah model dan jadwal belajarku untuk ngepung materi TPS.

Waktu belajar untuk SBMPTN waktu itu ada sekitar 2 bulanan lebih. Aku ngga mikir itu waktu yang lama karena model belajarku memang ngonsep banget. Justru yang ada di dalam pikiranku kalau aku masih kekurangan waktu karena ternyata kalau udah dibedah materi TPS itu buanyak banget.

Aku buat dah tuh planning besar gitu dari karton yang aku tempelin sticky notes, fotonya yang di atas tadi noh, isinya jadwal belajar yang aku adopsi metodenya dari sini. Cek aja disitu kalau mau lebih lanjut. Selain ngebuat rencana ulang, aku juga makin rajin baca di Blognya Zenius tentang tips-tips belajar PU, PBM, PPU, sama PK. 

Nih aku kasih tautannya, jangan lupa mampir ya! Isinya daging semua

Strategi belajarnya gimana?

Materi penalaran umum yang pertama aku selesaiin, disusul pemahaman bacaan dan menulis, pengetahuan dan pemahaman umum, hingga akhirnya khatam bab kuantitatif.

Yang paling menguras tenaga itu di materi nalar, karena aku belajar full tentang logika matematika secara baik dan benar. Nyatanya itu berhasil ngebuat aku enjoy ketika mengerjakan soal SBMPTN. Banyak soal yang nguji banget konsep logika kuantor, preposisi, silogisme, dan lain-lain namanya.

Kedua, aku invest banyak banyak waktu di materi kuantitatif. Ya walaupun isinya matdas, tapi mayan rumit juga, untungnya dulu udah namatin materi matematika SAINTEK, jadilah ngga terlalu kesulitan.

Alhamdulillah waktu itu seluruh materi bisa aku review ulang sampai 2x, dan itu butuh waktu sekitar 2 bulanan. Lagi – lagi sama seperti kemaren, aku cetak tuh soalnya Zenius di kertas binder gitu biar rapi. Oh ya, aku juga beli beberapa buku buat latihan soal, aku ngga beli buku materi karena ya udah percaya aja sama Zenius haha.

Kemaren aku beli wangsit seharga 115 ribu kalau gasalah, itu yang TPS Platinum, menurutku lumayan membantu juga sih, karena si wangsit ini disusun berdasar materi dan bukan berdasar tahun. Jadi misalkan kamu buka soal tentang Ejaan yang disempurnakan maka kamu akan ketemu soal itu dari mulai soal 2000 sekian sampe 2019 gitu. Lumayan aku rekomendasiin sih, monggo kalau kamu mau beli juga.

Kalau bukunya sih sebenernya banyak, Cuma yang aku tamatin ya cuma wangsit itu doang sih. Yang lain nganggur.

Apakah Cuma pake Zenius itu udah cukup?

Bisa iya bisa juga tidak, begitu kalau kataku. Namun, secara garis besar Zenius udah cukup banget buat nganterin kamu makin paham sama konsep materinya. Tapi aku kemaren juga nambah pake Quipper, soalnya disitu enjoy liat materi Bahasa Indonesianya. Selain itu semua total pake Zenius.

Waktu mendekati hari ujian, Zenius ngeluncurin tuh yang namanya paket intensif UTBK, harganya 1 juta kalau gasalah buat akses paket itu. Nah, karena aku kurang duit, akhirnya aku joinan sama temen deketku dari kecil buat pinjem akunnya. Jadilah satu akun dibuat dua orang gitu (boleh ngga sih Zen?)

Dia ngebolehin dan tanpa syarat, jadilah aku bisa akses fitur premium Zenius tanpa harus ngerogoh kocek yang dalam hehe. Dengan fitur premium itu aku bisa ikut live class sama master tutornya Zenius, dan percayalah itu membantu banget. Tiap sore aku selalu ngikutin live bareng temen-temen lainnya, tutornya asik banget ketika ngejelasin. Selain asik, kadang juga kocak tuh, misalnya tiba-tiba di grebek sama Bang Sabda ketika Mbak Insisani lagi ngelive dan banyak hal seru lainnya.

Ketika lagi live eh kedatangan Bang Sabda, jadi duet maut gitu hahaha

Situasi live class yang asique. Dan ya, kakak-kakak itulah salah satu faktor dari keberhasilan ribuan pengguna Zenius yang lolos UTBK.

Selain fitur live class itu, Zenius juga nyediain paket Deliberate Practice Tryout yang luar biasa banyaknya, ada banyak pokoknya, lebih dari 30 paket tryout yang cuma bisa diakses pengguna premium. Jadilah tiap minggu aku latihan ngerjain soal disitu, aku ngerjain paket genap temenku ngerjain paket ganjil, ngeliat pembahasan bareng, diskusi di live class, begitu seterusnya sampe hari UTBK-ku hadir. Yang aku rasain itu enjoy banget aja belajarnya, ngga insecure atau apalah itu namanya.

Selain belajar materi, tentunya aku juga sering banget ngerjain Tryout dong, termasuk ikut di Grand Tryout Zenius sebanyak 3x dan nilainya selalu naik. Selain itu ngehabisin sekitar 12an paket Tryout premiumnya Zenius. Kadang juga nyoba Tryout di platform lain, tapi mostly di Zenius sih kalau urusan TO.

Hasil akhir perjuangan bersama Zenius tercinta

Alhamdulillah apa yang telah aku usahakan berbuah manis, akhirnya aku berhasil lolos di pilihan pertama. Aku diterima di Departemen Fisika Fakultas Sains dan Analitika Data ITS Surabaya. Bahagia? tentu saja, dan dengan ini aku jadi makin yakin bahwa jika anak Indonesia make Zenius, aku yakin dah hasilnya bakal jadi generasi emas semua.

Hasil perjuangan belajar bersama Zenius di SBMPTN

Doaku, kelak aku ingin masuk di channel YouTube-nya Zenius sebagai salah satu alumni berprestasinya. Dan mengucap kalimat sakral di akhir video yang bunyinya begini, "Gua tunggu lo di masa depan" sambil tangannya sedekap di dada hahaha.

Kesimpulan

Udah sih, belajarku cuma gitu-gitu aja. Aku ngga pernah yang namanya nyicipin bimbel offline karena keterbatasan biaya dan juga rumahku jauh dari kota, kudu nempuh jarak 22an KM baru sampe kota yang disitu ada bimbel offline. Pikirku aku nanti bakal kecapean kalau harus pergi ke kota buat bimbel.

Sebenernya sih juga mau bimbel offline, apalagi di INTEN. Tapi disini belum ada sih hahaa. Jadilah Zenius sebagai solusi paling mantap dan juga salah satu keputusan hidup paling hebat yang pernah aku ambil hahaha.

Alhamdulillah dengar cara ini aku berhasil diterima di pilihan pertama SBMPTN 2020. Aku diterima di Departemen Fisika Intitut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Demikianlah kisah terbaikku bersama Zenius, sekarang giliran kamu menjadi penikmat ilmu abadi yang selalu haus untuk belajar. Intinya Zenius ngga cuman ngasi kamu Lulus UTBK, tapi lebih daripada itu, Zenius ngebentuk versi terbaik dari diri kamu. Begitulah #CeritaZenius ku, semoga kamu mendapat manfaat dari artikel ini. Salam hormat untuk seluruh tim Zenius yang udah mati-matian ngebuat masa depan Indonesia lebih cerah. Asiikkk...

Terimakasih yang udah mau ngebaca, semoga kamu dapat beberapa insight menarik dari ceritaku ini. Lebih penting lagi, siapin aja dah tuh materi belajarmu mulai dari sekarang, semoga kamu berjaya di UTBK 2021.

Sampai jumpa!