5 Bocoran Perubahan Penting dalam Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020

Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 di Universitas Airlangga
Peserta UTBK 2020 sedang menyimak instruksi dari pengawas ruang

Banyak surprise yang dihadirkan pihak LTMPT selaku penyelenggara ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di tahun ini. Mulai dari komponen tes yang disederhanakan menjadi tes potensi skolastik hingga adanya perubahan jadwal pelaksanaan.

Lebih dari itu, ada beberapa perubahan lain terkait isi materi ujian yang harus kamu ketahui loh, karena ini akan sangat membantu pelaksaan ujian kamu nanti. Penasaran sama isinya? Berikut daftar 5 perubahan yang penting buat dicatat! Pastikan kamu memahami betul sehingga menjadi lebih mudah untuk mengerjakan nanti

1. Materi ujiannya cuma TPS yang sederhana banget! Tapi banyak yang sudah lupa konsepnya

Pada pelaksanaan UTBK di tahun 2020, ujian dititikberatkan untuk menguji nalar berpikir kamu yang nantinya akan berguna di kehidupan perkuliahan.

Ngga usah overthinking kalau soalnya bakal sulit, cukup kuasai konsep-konsep sederhana yang sering dilupakan saja! Seperti materi bangun datar, perbandingan, ejaan yang benar, dan logika berpikir. hal ini bisa mengecoh para peserta yang kadung belajar materi berat-berat akan tetapi yang dimunculkan dalam soal justru soal mendasar

Mengapa kok seperti itu? Karena mayoritas soal yang diujikan itu sederhana sekali dan terkadang materinya sudah banyak dilupakan oleh peserta ujian. Protipsnya coba buka dan pelajari ulang materi bangku SD dan SMP, It's works!

2. Jumlah soal berkurang empat butir

Yups, kamu ngga salah dengar. Seiring dengan berkurangnya waktu ujian sebanyak 15 menit jika didasarkan tahun lalu, yang mana tahun ini hanya berdurasi 105 menit, terdapat pengurangan jumlah soal yang bisa membuatmu kegirangan loh. Pada mulanya UTBK SBMPTN tahun 2019 khususnya bagian TPS memiliki 80 butir soal. Nah, pada tahun ini jumlah soal hanya 76 butir saja

Jumlah soal pada UTBK tahun ini hanya 76 soal dan dipecah ke dalam 5 subtest berbeda yang mengejutkan para peserta UTBK tahun ini. Rinciannya dibahas di bawah ya!

3. Susunan materi ujian berbeda. Ngga lagi 4 subtes, tetapi menjadi 5 subtes!

Ininih yang terkesan mengagetkan. Jika pada pelaksanaan UTBK 2020 materi TPS terdiri dari 4 subtes, yaitu penalaran umum (PU), pemahaman bacaan dan menulis (PBM), pengetahuan dan pemahaman umum (PPU), dan pengetahuan kuantitatif (PK). Pada tahun ini agak berbeda karena materi ujian bahasa inggris dibuat terpisah dari subtes PPU.

Namun jangan khawatir, soal bahasa inggris yang diujikan tidak berjenis materi grammar kok, soalnya berjenis sama seperti PPU di tahun-tahun sebelumnya, yakni berupa reading comprehension yang menekankan pemahaman kamu akan suatu bacaan.

Terlebih pada UTBK SBMPTN tahun 2020 ini soal PBM dibuat lebih simpel. Bacaan yang disediakan tidak terlalu panjang dan permintaan soal langsung spesifik. Jadi jangan keburu takut ya!



4. Pembagian jumlah soal dan waktu per subtes yang berbeda-beda

Pada pelaksanan UTBK tahun ini terdapat perbedaan waktu ujian tiap subtes yang berbeda dengan tahun lalu. Sebagai perbandingan, mari kita lihat durasi ujian TPS UTBK tahun lalu (2019):

  • Penalaran Umum (20 soal) 35 menit
  • Pemahaman Bacaan dan Menulis (20 soal) 25 menit
  • Pemahaman dan Pengetahuan Umum (20 soal) 25 menit
  • Pengetahuan Kuantitatif (20 soal) 35 menit
Dari situ kita mendapat simpulan ada 80 soal dalam waktu 120 menit

Hal itu berubah menjadi:
  • Penalaran Umum (16 soal) 23 menit
  • Pemahaman Bacaan dan Menulis (16 soal) 23 menit
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum (19 soal) 24 menit
  • Pengetahuan Kuantitatif (15 soal) 24 menit
  • Bahasa Inggris (10 soal) 11 menit
Dengan demikian, total jumlah soal dan lama pengerjaan menjadi 76 soal dalam waktu 105 menit.

5. Tidak ada materi ujian kuantitatif yang berbahasa Inggris

Banyak yang terkecoh dengan postingan salah satu panitia LTMPT yang menyebut akan ada soal berbahasa inggris dalam pengetahuan kuantitatif. Nyatanya tidak, sama sekali tidak ada soal sejenis SAT yang diujikan dalam SBMPTN 2020 ini. Soal pengetahuan kuantitatif hanya soal berbahasa Indonesia seperti biasanya.

Soalnya pun tidak terlalu sulit dan lagi-lagi menggunakan penekanan konsep yang begitu mendasar, jadi pastikan sebelum kamu melaksanakan ujian untuk lebih memahami konsep ya teman.

Begitulah 5 surprise mengejutkan yang dihadirkan panitia dalam ujian SBMPTN tahun ini. Admin doakan semoga kamu mendapatkan hasil yang terbaik ya di UTBK tahun ini dan diterima di universitas impian seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, dan PTN yang lain. Semangat!