Cara Mengganti Background Zoom Meeting di Laptop dan HP

Cara Mengganti Background Aplikasi Zoom di Laptop dan HP

Mengganti background virtual zoom meeting - Seiring dengan anjuran dari pemerintah untuk mengurangi berkegiatan dan berinteraksi di luar rumah, serta anjuran bagi para pekerja untuk melakukan kerja dari rumah alias work from home (WFH) telah membuat aplikasi online video conference makin naik eksistensinya.

Salah satu aplikasi yang paling sering digunakan pada masyarakat adalah Zoom Meeting. Aplikasi ini pada dasarnya sama saja dengan banyak aplikasi video conference lainnya. Namun, Zoom menawarkan banyak kelebihan serta kemudahan jika dibandingkan dengan kompetitornya. 

Beberapa poin plus antara lain Zoom memungkinkan kita untuk membuat kata sandi untuk setiap rapat yang kita buat, hal ini untuk menjaga keamanan rapat kita dari hal yang tidak diinginkan. Selain itu, ada pula fitur integrasi kalender yang secara otomatis membuat appoinment di kalender kamu.

Selain dua yang telah saya sebutkan, sebenarnya masih sangat banyak fitur unggulan dari Zoom. Dan pada artikel kali ini saya secara khusus akan menyoroti tentang fitur virtual background Zoom.

Virtual background aplikasi Zoom Meeting

Sesuai namanya, Zoom memungkinkan kita untuk gonta-ganti background virtual semau-mau hati kita. Efek dari adanya fitur tersebut kita menjadi tidak perlu membawa perangkat kita ke dekat air terjun supaya mendapat background air terjun.

Cukup pakai saja air terjun dalam tanda kutip “virtual”, setidaknya itu jauh lebih mudah dan masih bisa memberikan kesan kesejukan tak kalah dibanding air terjun yang asli hehehe.

Kira-kira perumpamannya seperti itu..

Ada banyak manfaat ketika menggunakan virtual background zoom ini. Mulai dari client menjadi tidak bosan dengan meeting kita, rapat menjadi lebih berwarna dan interaktif, serta yang paling penting itu untuk menambah professionalitas bagi kita.

Sek, Sebentar: Buat kamu yang masih belum paham cara untuk melakukan zoom meeting lebih dari 40 menit secara gratis, buruan baca di 3 Cara Gratis dan Pasti Berhasil Zoom Meeting Lebih Dari 40 Menit.


Loh, emang apa kaitannya professional dengan background virtual Zoom? Coba lihat dulu gambar di bawah ini,

[LIVE] Wisuda Institut Teknologi Sepuluh Nopember ke-121
Dokumentasi [LIVE] Wisuda Institut Teknologi Sepuluh Nopember ke-121

Gambar di atas adalah penggunaan virtual background oleh ITS Surabaya yang ditujukan untuk menarik atensi lebih untuk para peserta webinarnya, yang dalam hal ini anak-anak SMA.

Baca juga: Cara Menjaga Baterai Laptop Supaya Tetap Awet dan Sehat

Disinilah letak professional ITS Surabaya dalam setiap webinarnya, alih-alih menggunakan latar belakang seadanya, ITS justru bisa mengambil hati para peserta dengan sedikit setting latar belakang yang digunakan para pematerinya. Kira-kira seperti itu..

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita bahas gimana caranya mengubah background virtual zoom.

Cara Mengganti Background Zoom di Laptop dan PC

Berikut ini langkah yang bisa dilakukan untuk mengubah background Zoom di Laptop:

Ada 2 skenario yang bisa dilakukan untuk mengganti latar belakang. Skenario pertama ketika kamu belum berada di dalam meeting dan skenario kedua ketika sudah berada di dalam meeting.

Mengganti background di luar meeting zoom

Masuk terlebih dahulu ke aplikasi ZOOM Meeting, saya anggap sudah bisa ya teman-teman.

Pada tampilan pertama, silahkan klik tombol setting di kanan atas (ikon gerigi) ==> Pilih bagian Background and Filters.


Cara Mengganti Background Rapat Zoom di Laptop dan HP
Tampilan awal Zoom meeting, pilih ikon gerigi untuk membuka setting


Memilih bagian background and filters
Pilih bagian Background & Filters

Disitu kita diberikan beberapa gambar dan video bawaan yang bisa kita pakai sebagai background virtual kita.
Catatan: Jika masih sangat awal menggunakan Zoom, kita nanti akan disuruh untuk mendownload paket background tersebut.
Pilih salah satu dari beberapa bawaan tersebut, secara otomatis background kamu akan di set default seperti itu ketika rapat.

Lalu bagaimana cara untuk mengganti backgound dengan gambar kita sendiri?

Caranya mudah, masih di bagian background and filters tadi silahkan klik bagian tanda plus (+) pilih Add Image atau Add Video, sesuaikan saja dengan keperluan.

Mengganti background aplikasi zoom meeting
Cara menambahkan gambar atau video pribadi

Nanti akan muncul kota untuk memilih file yang mau digunakan sebagai background, pilih salah satu dan klik Yes. Secara otomatis akan berganti background kamu dengan apa yang sudah kamu pilih.

Sangat mudah bukan untuk mengganti backgound?

Mengganti background ketika meeting sudah berjalan

Panduan mengganti background zoom
Panduan mengganti background ketika rapat sudah berjalan
  1. Di tampilan awal meeting, silahkan klik tanda panah atas di kiri bawah ==> Pilih Choose Virtual Background.
  2. Kamu akan dibawa ke bagian setting aplikasi zoom, pilihlah Background and Filter.
  3. Pilih background yang kamu inginkan, silahkan kembali ke rapat.
  4. Jika ingin mengganti dengan background yang kamu miliki sendiri, silahkan klik tanda plus dan pilih gambar yang mau dijadikan background, klik simpan.
Catatan: Langkahnya sama persis dengan skenario belum berada di dalam rapat.

Cara Mengganti Background Zoom Meeting di HP Android (smartphone)

Tidak usah khawatir bagi kamu yang rapat menggunakan smartphone dan juga ingin mengganti background biar nampak lebih aestetik. Kamu bisa kok melakukannya di smartphone, tetapi harap diingat bahwa tidak semua smartphone mendukung cara ini.

Saya asumsikan smartphone kamu telah mendukung untuk ganti background virtual di aplikasi Zoom, langkah yang dapat kamu tempuh seperti ini kira-kira:
  1. Ketika kamu sudah di dalam agenda rapat, temukanlah ikon tiga titik di bagian kanan bawah, tekan tombol tersebut.
  2. Pilih bagian virtual background.
  3. Tentukan gambar yang ingin kamu jadikan latar belakang virtual sesuai keinginan kamu. Caranya sama persis seperti ketika di aplikasi dekstop.
  4. Background telah terganti sesuai dengan pilihan kamu.
Begitulah cara mengganti virtual background zoom di HP.

Tips dan Trik Mengganti Background Zoom

Saya yakin kamu adalah tipikal orang yang kurang puas dengan background bawaan yang disediakan oleh aplikasi Zoom.
Baca juga : Cara Membuat Soal Google Formulir tanpa Copy Paste dari Word
Maka dari itu, seperti inilah cara yang biasa saya gunakan untuk mencari background yang cocok serta sesuai dengan ambience meeting. 
  • Mencari background yang bagus di situs download gambar Unsplash
Kamu bisa mengunjungi situs Unsplash, di dalam kotak pencarian silahkan isikan kategori gambar yang mau kamu cari. Kalau saya biasanya memakai gambar suasana perkantoran gitu. 

Download dah tuh gambar yang sudah kamu pilih, dan kamu bisa memasangnya di aplikasi Zoom. Sangat mudah bukan? Dengan cara ini kamu bisa memiliki banyak preferensi gambar yang bisa di pilih-pilih nantinya.
  • Pake background yang dinamis, alias pake background video
Untuk hal ini saya biasanya memakai video gratisan dari Pixabay. Gunakan saja kata kunci free motion background di kolom pencariannya, pilih yang sesuai dengan minat kamu dan downloadlah.

Pakai video background itu dengan cara seperti di atas. Sekarang rapat anda makin seru dong, tapi jangan pakai video Baby Shark ya. 

Nanti banyak peserta rapat yang gagal fokus :D

Kesimpulan dan Penutup

Begitulah tadi cara untuk mengganti virtual background di aplikasi Zoom, baik di perangkat dekstop maupun smartphone yang kamu miliki. 

Sangat mudah ternyata caranya. 

Dengan kamu mengganti backround Zoom ketika rapat, besar kemungkinan kamu akan diperhatikan secara lebih oleh para audiens kamu. Pastikan untuk menggunakan background yang baik dan sopan ya, jangan gunakan gambar yang bisa mengganggu kenyamanan anggota rapat yang lainnya.

Oh ya, bagi kamu yang memakai laptop impor terkadang aplikasi Zoom akan mengikuti bahasa yang digunakan oleh sistem, misalnya tampilannya menjadi berbahasa China atau Korea seperti aplikasi Zoom milik saya tempo waktu yang lalu. Nah, kamu bisa baca artikel Cara Mengganti Bahasa Aplikasi Zoom disini ya.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kamu. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa!