Cara Membuat Zoom Meeting Lebih Dari 40 Menit Secara Gratis!

Cara Menghilangkan Limit 40 Menit di Zoom Meeting Secara Gratis!

Zoom lebih dari 40 menit gratis - Jika pada tutorial yang lalu kita sudah membahas tentang bagaimana cara mengganti virtual background ketika rapat di Zoom, sekarang kita akan membahas satu cara yang ngga kalah berguna bagi pengguna Zoom gratisan.

Catatan: Artikel ini telah diperbaharui dengan yang lebih relevan, kamu bisa cek dan membacanya lewat 3 Cara Gratis Zoom Meeting Lebih Dari 40 Menit Terbaru!

Yang akan kita bahas adalah gimana sih caranya mengatasi limit ketika rapat di aplikasi Zoom?

Di masyarakat kita masih banyak yang menggunakan Zoom basic, dimana pada Zoom yang versi basic ini secara otomatis kita hanya diberi waktu rapat maksimal selama 40 menit.

Sedangkan banyak orang menggunakan Zoom ini untuk rapat ataupun memberikan kelas pelajaran yang biasanya butuh waktu lebih dari 40 menit. Waktu tersebut terasa sangat kurang, apalagi jika harus mengondisikan peserta yang juga butuh waktu lebih lagi. Setelah semua terkondisi dengan rapi, eh masih ngajar beberapa saat udah langsung ketutup sendiri Zoomnya hehe.

Kalau mau menggunakan lebih dari 40 menit kita harus membeli paket Zoom yang non-basic, dan harus ngeluarin biaya doong.

Nah, maka dari itu, mari kita simak Bagaimana Cara Menggunakan Zoom Lebih Dari 40 Menit dengan Gratis. Ini nanti secara otomatis akan menghilangkan limit waktu itu

Cara Menghilangkan Limit 40 Menit di Zoom Meeting Secara Gratis!

Ini akan sangat berguna bagi para pengajar ataupun mahasiswa yang terkendala belajar daring, semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan kamu terkait zoom.

Pada langkah kali ini kita akan menggunakan fitur Recurring yang dimiliki oleh Zoom dan cara ini dinilai legal serta tidak melanggar aturan dari Zoom.

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan:

  • Langkah 1 - Masuk  ke dalam Zoom, kamu bisa menggunakan aplikasinya atau menggunakan websitenya Zoom. Silahkan langsung memilih Sign-in/Login.
  • Langkah 2 - Jika sudah berhasil masuk di akun Zoom kalian, langsung saja buat meeting dengan memilih bagian Schedule atau Jadwalkan. Tunggu hingga tampilah baru terbuka.
Cara Membuat Rapat di ZOOM Meeting lebih dari 40 menit dengan Schedule
Pilih schedule, bukan yang lain
  • Langkah 3 - Dibagian ini kamu harus mengatur jadwal rapat kamu seperti biasa, bedanya nanti kamu harus mengaktifkan fitur Recurring. Ini wajib dilakukan supaya kamu bisa akses Zoom lebih dari 40 menit.
    Perhatikan gambar di bawah ini bila bingung, pastikan sama persis biar tidak ada kendala.
    Cara Membuat Rapat di ZOOM Meeting lebih dari 40 menit
    Samakan ini aja ya, pasti berhasil kok

    Keterangan gambar:

    1. Topik - Kamu bisa mengisi nama rapat, kapan rapat dilaksanakan, dan berapa lama durasi rapat. Nah jangan lupa ubah terlebih dahulu Time Zone ke Jakarta (GMT +7) dan berikan centang pada kotak Recurring. (abaikan pesan yang muncul dari Zoom - yang berwarna oranye muda itu)
    2. Meeting ID - Disini kamu bisa mengatur ID yang akan digunakan ketika masuk rapat, kamu bisa pilih auto atau membuat ID sendiri. Saran saya buatlah ID sendiri supaya kamu bisa atur password rapat sekreatif mungkin.
    3. Video - Aktifkan host bila kamu menginginkan rapat dimoderatori oleh host. Pastikan centang bagian partisipan ON.
    4. Calendar - Pilih dimana kamu akan menandai rapat di kalendar, disini saya biasa menggunakan layanan dari Google akhirnya saya memilih Google Calendar.

    Sek, Sebentar: Buat kamu yang masih belum paham cara untuk mengganti virtual backgroud bisa cek di Cara Mengganti Virtual Background Zoom Meeting - Bisa di HP juga.

    • Langkah 4 - Kamu juga bisa membuka fitur Advanced Options untuk setting yang lebih lengkap, saya biasa mengaktifkan Mute participan upon entry. Bagi saya ini penting supaya ketika partisipan masuk secara otomatis akan dimute terlebih dahulu dan rapat akan lebih cepat dikondisikan.
    Cara membisukan otomatis di ZOom meeting
    Pilih Mute Participans upon entry - supaya nanti ngga berisik

    • Langkah 5 - Klik Simpan dan kamu nanti akan dibawa ke akun Google Calendar kamu. Pilih email yang mau kamu gunakan dan klik Izinkan
    • Langkah 6Jika sudah masuk ke Google calendar, disitu kamu bisa menemukan undangan rapat, salin saja undangan itu dan bagikan ke peserta rapat kamu. Jika sudah pastikan untuk menekan tombol Simpan Jadwal.
    Cara Membuat Zoom Meeting lebih dari 40 menit secara gratis

    Selesai, begitulah langkah yang rinci untuk Membuat Rapat di ZOOM lebih dari 40 menit secara gratis. Kamu mungkin akan sulit menemukan artikel serinci ini selain di blog ini, biasanya yang di halaman pertama cuma artikel yang dibuatnya asal-asalan tapi disuntik sesuatu biar makin naik hehe.

    Jadi, kamu orang yang beruntung apabila menemukan artikel serinci ini. Udah ya!

    Terimakasih sudah membaca, semoga masalahmu sudah selesai sekarang.
    Salam!