Cara Pasang DMCA Protection 2020 Supaya Blog Makin Aman dari Pencurian Konten

cara pasang dmca di blogger supaya blog menjadi aman

Pendahuluan - Apa pentingnya DMCA?

Gimana sih caranya agar blog kita terproteksi DMCA? - Memiliki sebuah hasil dari usaha sendiri, yang dalam hal ini adalah artikel dalam blog teman-teman, membuat kita harus waspada akan tindakan plagiarisme atau bahkan pencurian artikel.

Kan ngga enak ya kalau kita udah nulis panjang-panjang, nulis dengan menyita banyak waktu, menguras pikiran dan juga tenaga, eh ujung-ujungnya artikel kita dicuri.

Rasanya pasti sakit dong, kita yang mengusahakan tapi malah dicuri dan dipakai orang lain. Nah biasanya kasus ini sering terjadi nih dalam dunia per-blogging-an. Artikel-artikel yang dinilai bermutu oleh calon maling, biasanya langsung di comot aja tuh, terus di post ulang dalam blog pribadi mereka tanpa seizin kita.

Nah untuk mencegah kejadian tersebut terjadi di blog teman-teman, sebaiknya kita memasang suatu proteksi ganda untuk blog kita. Salah satu pengaman yang paling jamak dipakai orang adalah DMCA Protection

Singkatnya, DMCA adalah suatu aturan yang mengatur tentang kekayaan hak cipta intelektual atas pribadi dalam konten digital yang ada di internet. DMCA sendiri merupakan kepanjangan dari Digital Millenium Copyright Act. Nah, DMCA ini juga berlaku di Indonesia sebagai salah satu garda depan untuk mengatasi pelanggaran hak cipta loh.

Kalau mau info lebih lengkap tentang DMCA ya bisa googling sendiri ya, disini saya cuma ingin membahas bagaimana cara memasang proteksi ini di blog teman-teman.

Cara Memasang DMCA Protetion di Blogger

  • Langkah pertama, kamu haruslah memiliki akun di DMCA, untuk mendaftar langsung saja kunjungi dmca.com. Lalu pilih Sign Up di pojok kanan atas.
daftar akun dmca
Memilih sign-up untuk mendaftar akun di DMCA

  • Nanti akan muncul 3 pilihan, karena kita akan membuat proteksi, pastikan untuk memilih Get a Free Badge.
memilih badge dmca yang sesuai
Memilih get a new badge

  • Isilah bagian Register Your badge dengan mengisi identitas diri andi, pastikan email yang kamu gunakan valid. Jika sudah klik Sign Up
daftar dmca 2020 dengan mudah
Membuat akun DMCA dengan mengisi email dan nama

  • Sekarang masuklah ke dalam akun email yang tadi kamu isikan ketika mendaftar. Cek pesan dari DMCA yang berisi password unik untuk Login. Salin password tersebut dan sekarang kamu bisa login di DMCA Login .
email password dmca
Mengecek email dari DMCA untuk mendapat password baru
  • Jika sudah login, pilih bagian Badges 
memilih badge dmca
Memilih bagian badge untuk mendapat bet baru

  • Pilih badge yang akan kamu pasang di blog kamu di bagian Select a Badge, pilih yang paling kamu sukai.
memilih desain dmca
Pilihlah desain yang kamu suka

  • Bagi kamu yang kurang suka desain bawaan dari DMCA, kamu bisa pilih Build Your Own Badge lalu buatlah badge sesuka hatimu cielah.
  • Jika sudah menemukan desain yang cocok, sekarang kamu tinggal klik Add to Blogger untuk pemasangan proteksi, nanti ketika sudah membuka tab baru pilih saja Menambah Widget
upload skrip dmca dengan  mudah
Tampilan jika memilih Add to Blogger

Dengan memakai cara yang pertama tadi, biasanya lokasi badge akan berada di sidebar. Menurut saya ini kurang bagus untuk dilihat, nah disini bagaimana kalau misalkan kita memindahkannya ke bagian footer blog, langahnya seperti ini
  • Pada bagian setelah memilih desain badge kan ada kode anchor, nah salinlah kode anchor itu dan masuk ke dasboard blogger, pilih tata letak.
memasang dmca di footer blogger
Memilih footer

  • Pilih pada bagian footer, lalu masukkan kode anchor html itu ke dalamnya. Jika sudah klik save.
memasang dmca di footer blogger
Upload skrip HTML di footer blog
  • Maka tampilah blog yang sudah diberi kode dmca kira-kira akan seperti ini
dmca terpasang di blogger
Blog sudah terpasang proteksi DMCA. Selamat!

Ketika blog teman-teman sudah bisa menampilkan badge yang tadi sudah dipilih, maka langkah untuk memasang proteksi DMCA telah selesai, dengan ini kita tinggal menunggu beberapa hari hingga sertifikat keamanan muncul.

Kesimpulan

Begitulah teman-teman tentang bagaimana cara memasang proteksi dmca di blogger, besar harapan dengan kita memasang proteksi ini akan membuat blog kita aman dari gangguan pencurian artikel yang bisa mengganggu performa blog kita karena ada duplikat konten.

Semoga cara di atas mudah untuk dipahami, bilamana merasa kesulitan jangan segan untuk berkomentar di bawah, insya Allah akan saya jawab semampunya ya teman-teman.