Cara Mudah Memasang Fitur Komentar Disqus di Blogger Terbaru 2020


Pada tulisan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara memasang kolom komentar Disqus di blog teman-teman. Namun sebelum melangkah lebih jauh, kita akan sedikit mengulas dan berkenalan dengan komentar Disqus. 

Bagi kamu yang belum tahu apa itu Disqus, Disqus merupakan layanan yang menyediakan fitur diskusi (sesuai dengan namanya yang ‘Disqus’) dan komentar pada blog ataupun website.

cara mudah memasang disqus di blogger

Banyak keuntungan yang ditawarkan oleh Disqus, antara lain Disqus memungkinkan blog kita menjadi lebih interaktif dan lebih menarik pada kolom komentarnya. Tampilan Disqus yang simpel dan elegan juga bisa menambah daya tarik agar pengunjung blog kamu mau berinteraksi dengan pemilik blog atau dengan pengunjung yang lainnya. 

Apakah cukup itu benefit yang diberikan oleh Disqus? Tentu saja tidak, masih banyak benefit lain seperti

Blog kamu menjadi lebih enteng karena beban komentar dipasrahkan kepada website Disqus, hal ini tentu sangat berguna untuk mempercepat loading blog kamu agar pengunjung makin betah di blog kamu. Biasanya seiring bertambahnya kepopuleran suatu blog, maka bertambah pula jumlah komentar yang ada. 

Nah, dengan adanya Disqus ini kamu tidak perlu pusing blog kamu akan lelet. Semua sudah dipegang oleh Disqus dan inilah poin paling pentingnya

Masih satu benefit aja udah menarik mas, aku juga kudu install nih

Tunggu dulu, masih ada satu keuntungan lain yang juga sangat berguna, yaitu komentar blog kamu menjadi lebih aman karena juga di handel oleh Disqus, akan terhindar dari spam juga.

Okey, sudah cukup perkenalannya dengan Disqus. Sekarang kita akan mencoba mengistall Disqus dengan beberapa langkah mudah, ikuti dengan baik dan semoga berhasil yaa!

Membuat akun Disqus dengan mudah

  • Silahkan kunjungi website Disqus, lalu klik tombol Get Started untuk membuat akun baru
membuat akun disqus dengan cepat dan mudah

  • Pastikan kamu berada di bagian Signup, isi data sesuai permintaan. Jika sudah silakan scroll kebawah dan klik Signup untuk mendaftarkan akun kamu
memasang fitur disqus di blogger

  • Setelah akun berhasil dibuat maka akan muncul dialog box seperti di bawah. Pilih saja I want to install Disqus on my site.
cara pasang disqus terbaru 2020

  • Akan muncul permintaan baru, isikan nama website teman-teman, kategori website, dan juga bahasa pengantar yang kamu mau. Bila semua sudah terisi, klik Create Site
cara memasang fitur komentar disqus

  • Tiba saatnya untuk memilih paket yang kamu mau, pilih saja kategori Basic karena saya yakin kamu mau yang gratisan. Kamu tinggal subscribe akun Disqus saja, dan itu adalah hal yang sangat mudah hehe
memilih paket disqus yang sesuai



Begitulah cara mendaftar akun di Disqus, sekarang kita masuk tahap memasang Disqus, cus langsung saja kita eksekusi

Memasang Disqus di Platform Blogger

  • Pilih platform Blogger, yang warna oranye kalau belum tau hehe, dengan cara mengeklik logo Blogger seperti pada gambar
cara memasang fitur disqus terbaru 2020

  • Ketika kotak dialog baru muncul, klik Add “nama akun Disqus kamu” to my Blogger site. Tunggu sebentar hingga halaman teralihkan ke Blogger
cara mudah memasang disqus

  • Jika sudah teralihkan, kamu bisa memberi judul khusus dan mengeklik Menambah Widget untuk menambahkan Disqus
menambah widget disqus pada blogger dengan mudah

  • Tak berselang lama setelah itu, hasil perjuanganmu dalam pemasangan Disqus sudah selesai. Kunjungi blog kamu dan lakukan refresh, dan lihatlah Disqus telah 'mentereng' di blog kamu.
blog dengan disqus yang telah terpasang

Dari sini kita telah berhasil memasang kolom komentar Disqus, namun ada hal yang tidak boleh terlewatkan, apakah itu?

Mengimport komentar lama ke Disqus

 

Untuk blog yang sudah berumur pastinya sudah banyak komentar yang ditulis fitur komentar blog lama. Tentunya akan sayang sekali bila komentar ini hilang begitu saja karena hadirnya Disqus.
Nah, untuk mengatasi hal ini maka wajib hukumnya untuk melakukan Import komentar.

Caranya pilih opsi nomor dua di gambar di bawah ini, klik pada bagian Discussions > import, lalu pilih blog kamu dan tunggu sebentar untuk verifikasi data komentar, selamat komentar lama anda telah kembali muncul di Disqus.

cara mudah terbaru mengimpor komentar ke dalam disqus

Klik nama website kamu untuk memverifikasi data komentar lama

memasang fitur komentar disqus dengan cepat



Langkah terakhir, matikan fitur komentar bawaan blogger

Setelah fitur Disqus terpasang, tentunya kita harus menyembunyikan kolom komentar lama di akun bloggger kita, hal itu mutlak dilakukan supaya tidak terjadi beban yang berlebih dan tetap membuat pengunjung merasa nyaman.

Caranya cukup mudah, buka panel blogger kamu. Masuk ke bagian setelan > postingan, komentar, dan berbagi > komentar > ubah Lokasi komentar menjadi Sembunyikan.

Menyembunyikan kolom komentar supaya tidak membuat ribet


Seperti itulah cara memasang kolom komentar Disqus, kini kamu memiliki fitur komentar yang keren berkat memasang Disqus. Baiklah teman-teman, artikel ini sudah berakhir.

Oh iya, jangan lupa untuk melengkapi data-data penting kamu di Disqus melalui 
panel admin supaya makin mantab tentunya. Klik saja link itu untuk mengetahui lebih lanjut.

Bilamana ada hal yang kurang bisa dipahami, silahkan untuk menjajal berkomentar di bawah sini, sekalian nyoba fitur baru. Nanti akan coba saya jawab sebisa saya

Matursuwun!