Bagaimana Cara Artikel Saya Terindex Kurang Dari 2 Menit oleh Google

Overview - Mengapa di indeks itu penting

Dalam dunia blogging, kita pasti menginginkan artikel apapun yang kita buat supaya mendapatkan perhatian secara lebih oleh mesin pencari, khususnya mesin pencari Google. Hal itu tidak bisa dipungkiri karena dengan terindex oleh Google, maka artikel kita akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari itu sendiri.

Akibat dari itu, artikel buatan kita berpeluang untuk mendapatkan klik dari pengunjung, sehingga jumlah pengunjung yang masuk ke dalam blog ataupun website kita akan meningkat. Tentunya hal itu menjadi sebuah keuntungan besar bagi blog ataupun laman website kita.

Cara di index google secara cepat


Namun, masih banyak orang yang merasa kesulitan dengan sistem index google ini. Banyak dari mereka yang berkata bahwa artikelnya kok belum terindex google secara berhari-hari, bahkan ada yang mengatakan sampai berminggu-minggu tetap saja belum di index oleh google.

Seperti analogi yang banyak diutarakan oleh blog-blog master yang lain, bahwasannya setiap menit atau anggap saja setiap jam, Google menerima jutaan submit alias permintaan untuk mengindex artikel dari tiap website ataupun blog yang ada di seluruh dunia ini.

Tentu bisa kamu bayangkan seberapa rumit algoritma Google untuk memilih artikel yang menurutnya pantas untuk dapat antrian awal. Nah, disini saya akan memberitahukan kepada temen-temen semua tentang bagaimana cara artikel saya cepat terindex oleh Google.

Cara agar artikel cepat ter-index oleh Google

Saya telah membuktikan berkali-kali, bahwa dalam setiap posting artikel saya itu selalu ada yang di index kurang dari 2 jam, bahkan pernah ada yang 3 menit saja itu sudah terindex. 
Pertanyaannya, bagaimana cara agar itu bisa terjadi juga di website saya mas?
Berikut beberapa hal yang saya lakukan:

  • Tulis artikel kamu secara natural

Yang pertama kali saya lakukan ketika mendapatkan sebuah ide adalah mencatat ide tersebut dalam notes yang ada di ponsel saya, itu jika saya tidak berada di dekat laptop. Namun, bila saya kebetulan ada di dekat laptop, saya langsung membuka Microsoft Excel untuk mencatat ide atau garis besar inspirasi postingan yang secara tiba-tiba muncul.

kira-kira seperti ini contohnya:

cara cepat terindeks google
Beberapa notes dadakan yang saya tulis ketika inspirasi datang

Setelah saya menulis inpirasi itu, langkah selanjutnya adalah mulai menulis topik yang memang sesuai mood saya, dan sebisa mungkin berdasar list yang ada di excel.
Saya akan akan menulis secara natural saja, dengan lebih menekankan artikel yang layak dibaca oleh orang banyak daripada untuk keperluan mesin pencari. Maksudnya saya akan berusaha menulis dengan mengalir saja apa yang ada dalam pikiran saya, dengan menganggap ada orang yang mau membaca tulisan ini. Menulis dengan sebaik mungkin dan tidak memikirkan keyword terlebih dahulu.

Setelah saya selesai menulis dengan kerangka sederhana yang mengalir begitu saja, saya akan melajutkan untuk mengoptimasi SEO dengan beberapa langkah mudah. Silahkan baca tips selanjutnya supaya lebih jelas. 

  • Jangan terlalu memikirkan keyword dalam artikelmu

Seperti yang telah saya jabarkan di tips bullet pertama, saya tidak begitu memikirkan keyword ketika pertama kali ingin menulis. 

Karena itu lebih menyita waktu saya dan ketika menulis menjadi sering macet karena berpikiran, "Ini keywordnya cukup ngga ya?" atau "ini sudah baik di mata mesin pencari atau belum ya?"

Pikiran-pikiran mengganggu tersebut menjadi sebuah distraksi bagi saya, entah bagi kamu yang membaca artikel ini. Saya lebih prefer untuk mengalir dalam menulis tanpa memikirkan keyword terlebih dahulu.

Kemudian bila artikel dirasa cukup, saya akan riset keyword dan mulai menyisipi artikel saya dengan beberapa kata kunci yang relevan dan tidak berlebihan.

Ini supaya artikel saya tidak terjadi repeat alias pengulangan keyword yang bisa mengganggu koherensi tulisan saya.

Intinya tulis saja apapun yang terlintas di benak, lakukan sampai selesai dan mulai sisipi beberapa kata kunci secukupnya saja.

  • Gunakan tips SEO sederhana saja

Saya kurang begitu memahami dalam SEO yang tingkatanya begitu advance. Paling saya akan memberikan beberapa optimasi SEO sederhana supaya cepat ter index. Hal itu meliputi menggunakan heading yang cukup, optimasi gambar alakadarnya, optimasi tautan permanen, dan optimasi judul saja.

Materi ini telah saya bahas dalam artikel berjudul Cara Saya Optimasi SEO di Blogger, silahkan dilihat kalau ingin melihat lebih lanjut.

Soalnya saya beranggapan hasil dari SEO itu kurang begitu bisa terlihat, artinya tidak seperti kita menumpahkan cat warna merah lalu lantai kita akan langsung berwarna merah, tidak. SEO itu efeknya menurut saja jangka panjang, untuk jangka pendek mungkin hanya artikel yang cepat ke index itu aja

Tapi ya syukur-syukur kalau mejeng di page one alias pejwan hehe.

  • Segera submit ke search console begitu artikel selesai dipublish 

Inilah yang jadi keypoint alias kunci utama dalam upaya agar artikel cepat di index Google. Kita harus melakukan setor link yang sudah di publish. 

Sebenernya Google itu akan selalu mengindeks artikel kamu, bahkan ketika kamu tidak melakukan submit di webmaster. Namun, alangkah lebih baiknya kamu menyogok Google dengan tools Search Console  supaya Google berkata

"Oke oke, kamu bakal aku prioritaskan," kira-kira begitulah jika Google bisa berbicara ketika kita submit artikel kita.

Soalnya seperti yang saya katakan diatas, ada jutaan artikel baru yang dikirim alias di publish dan minta untuk di Index. Nah, biar artikelmu dapat antrian prioritas ya harus di Submit di Google Webmaster dong, yang sekarang namanya ganti jadi search console.

Info tersebut saya dapat dari postingan tentang How Google Search Works yang di tulis oleh pihak Google sendiri. Bisa kamu cek yaa, isi materinya penting semua disitu.

Summary - Kesimpulan

Timeline yang saya kerjakan semua dimulai ketika saya mendapat ide, lalu saya catat ide tersebut, kemudian saya mulai menulis tanpa berpikir apapun tentang SEO, dan jika sudah selesai barulah saya kasih sedikit bumbu-bumbu SEO yang menurut saya cocok untuk saya terapkan. Setelah semua itu berlalu maka dengan cepat saya akan melakukan Submit artikel pada Google Search Console.

Cara melihat apakah sudah terindeks ataukah belum

caranya dengan menulis site:URL artikel kamu. Misalnya site:
https://jadisaintis.blogspot.com/2020/07/cara-menghilangkan-gugup-dan-grogi.html

Tulis itu dalam laman pencarian kamu, seperti ini contohnya

Artikel yang telah di indeks Google

Disitu ada dua kemungkinan yang akan terjadi, pertama bahwa artikel kamu telah terindeks,  yang kedua bahwa artikel kamu belum terindeks.

Bila sudah terindeks, google akan menampilakan preview dari artikelmu seperti pada gambar di atas.

Namun bila google belum mengindeks maka yang muncul kira-kira akan seperti di bawah ini, 

melihat apakah artikel sudah di indeks
Artikel yang belum terindeks Google

ini saya menggunakan link yang ngawur saja biar kentara perbedaannya.

Disini natural artikel adalah kuncinya, yang memang menentukan karakter tulisanmu ya kamu sendiri.

Bukankah pada mulanya blog adalah tempat untuk menulis agar sesuatu yang menarik dan pantas untuk dibaca orang banyak? Namun kita juga harus mulai optimasi SEO juga biar makin banyak yang ngeliat, asalkan ngga berlebihan.

Okay, begitulah cara saya membuat artikel dan di index dengan cepat kurang dari 3 jam oleh google. Semoga membantu temen-temen yang merasa kesulitan karena artikelnya tak kunjung di index google.

Terima kasih udah baca sampai akhir, semoga bermanfaat. Merrci!!


UPDATE

Ngga ada dua menit setelah saya publish artikel ini, begitu saya kirim ke search console, saya cek dengan metode site itu langsung keluar wkwkwk.

cuma 2 menit sudah di indeks google